Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2011

EVALUASI

Evaluasi Heuristik Evaluasi Heuristik di usulkan oleh Nielsen dan molich heuristic adalah guide line, prinsip umum dan peraturan, pengalaman yang bias membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang di ambil ada 10 dasar heuristic yaitu : a. Visibilitas status system b. Kecocokan antara system dan dunia nyata c. Control user dan kebebasan d. Konsistensi dan standar e. Pencegahan kesalahan f. Pengenalan atas penarikan kembali g. Fleksibelitas dan efisiensi h. Berhubungan dengan keindahan dan design minimalis i. Bantuan bagi user untuk mengenali mendiagnosis dan memperbaiki dari kesalahan j. Help dan dokumentasi   Tujuan evaluasi heuristic adalah untuk memperbaiki perancangan secara efektif   Discount Usability Testing • Hybrid of empirical usability testing and heuristic evaluation • Have 2 or 3 think-aloud user sessions with paper or prototype-produced mock-ups Cognitive Walkthrough Cognitive Walkthrough suatu usaha yang dilakukan untuk mengenal

Sumber Informasi dan Penggunaan Informasi dan data I/O dan memresentasikan data

Sumber Informasi dan Pengumpulan Data Analisis tugas memungkinkan kita membuat suatu struktur data mengenai tugas , dan hasilnya akan baik jika didukung oleh sumber data yang baik pula. Proses analisis data tidak semata-mata mengumpulkan , menganalisis , mengorganisasikan data dan mempresentasikan hasil , namun kadangkala kita harus kembali melihat sumber data tersebut dengan pertanyaan dan padangan baru . Pada prakteknya , keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan seorang analis berusaha mengumpulkan data yang relevan secepat dan seekonomis mungkin . Bahkan jika dimungkinkan , seorang analis harus dapat memaksimumkan penggunaan sumber informasi murah yang sudah ada sebelum melakukan pengumpulan data yang memakan biaya . Berikut ini adalah beberapa sumber informasi yang dapat dipergunakan untuk membuat analisis tugas : 1. Dokumentasi   Sumber data yang mudah didapat adalah dokumentasi yang telah

Tipe-tipe Interface

Tipe-tipe Interface dan Sebutkan tipe interaksinya : 1. Command line interface (perintah baris tunggal) contoh : unix, linux, dos 2. Question/answer and query dialogue contoh : mysql, dbase interaktif, dll 3 . Menu (menu datar dan menu tarik) contoh : hampir semua software menggunakan menu 4. Natural language (bahasa alami) contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) 5. Form-fills and spreadsheets contoh : excel, lotus, dll 6. WIMP - Windows Icon Menu Pointer - Windows Icon Mouse Pulldown Menu yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll

Analisis Tugas

Gambar
Analisis Tugas • Proses menganalisis dan menggambarkan bagaimana manusia melaksanakan tugas / pekerjaannya, apa saja yang dilakukan / peralatan apa yang digunakan dan hal-hal apa saja yang perlu diketahui. • Memeriksa tugas-tugas user untuk mengetahui dengan baik apa yang dibutuhkan user dari interface dan bagaimana mereka akan menggunakannya. Contoh: Membersihkan rumah In order to clean the house get the vacuum cleaner out fix the appropriate attachment clean the rooms when the dust bag gets full, empty it put the vacuum cleaner and tools away Komponen • Ada tiga komponen kunci bagaimana manusia bekerja: 􀀹 Aktivitas 􀀹 Artifak 􀀹 Hubungan • Jangan hanya melihat pada sistem komputer saja dan interaksinya. • Mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan dimana manusia akan menggunakannya dan membutuhkannya. Contoh: lingkungan kantor – kertas, papan tulis, dll. Fokus Analisis Tugas: • Fokus pada lingkungan yang kelihatan / tampak 􀀳 Apa kebiasaa

OVERVIEW, utility dalam analisa tugas

Gambar
Overview adalah suatu ringkasan yang seluruhnya di gunakan untuk   koleksi. Utility sebagai pengaca kepada fungsionalitas sistem atau sistem yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisien kerjanya. Analisis Tugas             Pada proses menganalisa, menggambar, melaksanakannya dan memeriksa tugas-tugas tersebut, sebagai berikut : -      Komponen yakni sebagai   aktivitas, artifak dan hubungan,       Fokus Analisis Tugas digunakan sebagai   fokus pada lingkungan,       Input dan Output digunakan sebagai pengumpulan Data dan Reprentasi Data       Dokumentasi,        Interview   digunakan sebagai terstruktur, Tidak Terstruktur dan Semi Struktur,        Observasi digunakan sebagai   merekam apa yang terjadi, Mencatat bagian-bagian yang di anggap penting Reprentasi daftar, Ringkasan dan Naratif.