Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2011

Kapasitas Manusia (Human Compatibility)

Pembahasan yang kedua yaitu Human Capabilities. Pengertiannya hamper sama dengan Human Ability tetapi Human Capabilities lebih mengarah ke anggota Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) pada manusia itu sendiri. Setiap manusia pasti mempunyai batas maksimal dalam melakukan Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba) saya akan menjelaskan panca indera Mata. Mata Mata adalah suatu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan didalam panca indera mata ini terdapat dua tahap konsep penglihatan. Konsep penglihatan pada manusia terdiri dari dua tahap yaitu -Penerimaan stimulus dari luar secara fisik -Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut a. Kemampuan Penglihatan -Sensivitas -Ketajaman - Pergerakan b. Warna -Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation -Hue panjang gelombang spektrum cahaya -Intensitas brightness dari warna -Saturation jumlah / kadar putih (whiteness) dalam warna -Masalah persepsi warna pada cones (sel

UCD (User Centered Design)

Gambar
Konstruksi teknis pada UCD (User Centered Design) yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer. UCD ( User Centered Design ) adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Pendekatan UCD telah didukung berbagai teknik, metoda, tools, procedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna. Sasaran UCD adalah lebih dari sekedar membuat produk yang berguna. UCD merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan berbasis pengguna (User Centered design = User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna. Tujuan UCD adalah untuk menghasilkan produk yang memiliki tingkat usability tinggi. Prinsip yang harus diperhatik

Kemampuan Manusia yang Baik Vs yang Buruk (Human Ability)

* BAIK - Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas - Durasi LTM tidak terbatas dan komplex * BURUK - Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas - Durasi STM terbatas

Prinsip Usability

Prinsip usability (Prinsip kegunaan) adalah kemampuan suatu sistem/perangkat lunak untuk di pahami , dipelajari , dan digunakan oleh pengguna. Ketika seseorang menggunakan suatu sistem / perangkat lunak, secara tidak sadar dia juga memulai proses belajar dengan mengingat langkah-langkah pekerjaan yang dia lakukan. di dalam Prinsip Usability terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya Human Ability, Human Capabilities, Memori, Proses, Observations, dan penyelesaian masalah. Human ability yaitu terdapat baik dan buruknya manusia tersebut. Human capability yaitu mencangkup penginderaan ( mata, telinga, kulit, dan lain lain), proses informasi,dan sistem motor sendiri Memori yaitu dapat menyimpan pengetahuan faktual, dan pengetahuan prosedural.Terdapat 4 tipe memori yaitu Perceptual Buffer (Memori Sensor), Short Term Memory (STM), Intermediate, dan Long Term Memory (LTM).

Konsep Dasar IMK

Konsep dasar Interaksi Manusia dan Komputer Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Hal demikian karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik. Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai(user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada Man-Machine Interaction sudah ditera

Siapa saja Yang Terlibat Dalam IMK?

  IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer system interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti : Psikologi ilmu kognitif yang memberikan dasar pengehtahuan  mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah. Ergonomi yang memberikan dasar pengehtahuan mengenai kemampuan/ karakteristik fisik user. Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas. Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi yang di butuhkan. Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil. Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface. Technical writing agar mampu membuat manual. Dan lain – lain

Apa Itu IMK?

IMK (Interaksi Manusia Kompuer)??? Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah ilmu yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait dengannya. Fokus IMK adalah perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer. Mengapa Ada IMK? Adanya IMK adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.serta bisa membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan. Dan untuk mahasiswa IT,kita bisa membuat aplikasi ataupun program dengan cepat dikarenakan kita memakai aplikasi yang memiliki interaksi yang mudah dipakai dan dimengerti.